10.30.2011

Jadikan GOOGLE Sebagai Jendela Mencari Uang dari internet.

Setelah yang kita semua tahu bahwa jika kita ingin mencari sebuah informasi secara cepat dan mudah, kita cukup memakai jasa akses online internet. Namun kini saya bertanya, situs apakah yang Anda buka ketika Anda membutuhkan informasi yang anda butuhkan tersebut??

Saya sudah bisa tebak, kalau situs yang pertama kali Anda buka adalah situs situs mesin mesin pencari seperti Goolge com, Yahoo com, Bing/MSN, dsb. Benar tau tidak ya?? (
Hehehe.. Namanya juga tebak tebak buah manggis..). Tapi kalau saya boleh analisa, pasti situs situs itu kan?

Kalau benar tebakan saya, memanglah sebuah hal yang lumrah, jika kita meng-akses situs mesin pencari tersebut. Situs situs mesin pencari tersebut berisikan seluruh informasi yang pernah diketik oleh keyboard komputer kita dan dimunculkan secara online dengan fasilitas internet.


Kini, peranan mesin pencari dalam membantu kita untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang kita punya sangat besar. Besarnya mengikuti jumlah pengguna internet dunia. Nah, jika anda memang seorang pebisnis, bisnis apapun namanya, pasti satu hal yang dicari, yakni Keuntungan.


Bisnis adalah sebuah transaksi yang dilakukan oleh satu atau lebih orang terhadap barang atau jasa. Di dunia bisnis, penjual dan pembeli akan bertransaksi dan menghasilkan keuntungan hanya dengan satu syarat, yakni adanya komunikasi dan interaksi antar keduanya.




Kini saya asumsikan anda adalah seorang penjual. Penjual apapun, baik itu pakaian, makanan sampai dengan penjual jasa lainnya. Pernagkat yang diperlukan seorang penjual adalah Barang dagangan dan Tempat berjualan. Jika anda sudah memiliki barang dagangan pasti anda mencari tempat dagang yang enak dan strategis untuk menjaring para pembeli.


Jika anda membuka dagangan dengan lokasi sebuah pasar tertentu misalnya, maka dapat dipresdiksi bahwa calon pembeli yang akan datang ke tempat anda berjualan adalah radius tempat anda berdagang saja. Jika misalnya anda berdagang pakaian di kawasan Pasar Minggu Jaksel misalnya, maka calon pembeli dapat mudah ditebak, pembeli akan datang dari daerah sekitar ps minggu saja, misalnya : Lenteng agung, Depok, Cililitan, atau tempat lain yang mudah meng-akses tempat dagangan anda.


Namun pernahkah anda berfikir, bagaimana barang atau jasa yang anda punya dipasarkan secara ONLINE dengan memanfaatkan jasa Internet atau yang kita kenal dengan bisnis secara online dimana biaya yang anda keluarkan jauh lebih murah dari pada anda membuat atau menyewa toko di sebuah pasar?


Sekarang mari kita hitung biaya yang kita keluarkan untuk membuat sebuah bisnis OFFLINE dengan berdagang langsung di pasar? Silakan hitung berapa biaya untuk menyewa toko pertahunnya, biaya air dan listrik, sampai dengan modal untuk barang dagangan yang anda ingin jual, pasti jumlahnya sangat besar tentunya. Selain itu calon pembeli yang akan datang ke toko anda, pasti akan terbatas saja.


Coba anda bandingkan dengan anda berjualan dengan memanfaatkan jasa internet atau yang kita kenal berjualan secara ONLINE. Biaya yang anda keluarkan hanya pulsa atau uang menyewa warnet 1-3 jam saja. Kemudian anda membuat sebuah blog atau toko online atau hanya bergabung di forum forum jual beli, dan membuat lapak dagangan anda disana. Murah bukan??


Calon pembeli anda juga akan jauh lebih besar ketimbang anda berjualan di pasar seprti yang tadi sudah saya jelaskan diatas. Tahukah anda berapa jumlah pengguna internet di dunia ini?? Hampir 1 miliar orang menggunakan jasa internet. Artinya dagangan anda akan memiliki sekitar 1 miliar calon pembeli. Benar atau tidak logika ini??
Hehehe…

Nah, tahukah anda situs apakah yang pertama kali dibuka seorang calon pembeli jika dia membutuhkan sesuatu yang dicari di internet?? Ya saya sudah saya jelaskan diatas tadi, bahwa situs situs mesin pencari yang pertama kali diakses. Nah, dari beberapa situs pencari yang digunakan, manakah yang paling terbesar dan paling sering orang gunakan?? Jawabannya adalah mesin pencari GOOGLE benar atau tidak ya??

Terus, apa kaitannya antara mesin pencari Google ini dengan bisnis dagangan anda??


Saya asumsikan kembali bahwa anda adalah seorang penjual sekarang yang memiliki toko online atau informasi di blog/website yang anda buat untuk ditemukan calon pembeli agar menghasilkan sebuah keuntungan.


Ada sebuah hasil riset dari lembaga riset terbesar dunia,
Forrester Research, mengatakan bahwa :

“..93% orang menggunakan search engine untuk mencari informasi..”
Hasil survey langsung kepada pengguna search engine, ternyata:

“87% pengunjung website datang dari halaman 1″

Artinya jika website Anda tidak muncul di halaman 1 di search engine untuk keyword produk yang Anda jual, maka Anda kehilangan 87% calon prospek yang potensial, dan mereka tidak akan pernah melihat produk Anda walaupun produk tersebut sangat mereka butuhkan.

“75% pengunjung tidak pernah melihat lebih dari halaman 4”

Artinya jika website Anda tidak muncul di 4 halaman awal dari search engine, maka Anda kehilangan 96.75% calon prospek yang masih potensial.


Nah, jika anda adalah orang yang menjual dagangan barang atau jasa dengan memanfaatkan mesin pencari seperti mesin pencari terbesar dunia yakni GOOGLE, maka angka angka diatas akan anda alami terhadap toko atau website jualan anda.


Nah, bagaimana hal ini agar tidak terjadi??


Sebuah mesin pencari memiliki sebuah perhitungan dalam bentuk algoritma dalam men-rangking situs situs dalam pencariannya terhadap sebuah kata kunci atau keyword yang dicari. Dan ada sebuah teknik yang harus dilakukan agar menjadikan website anda nantinya mendapat rangking terdepan dalam pencarian tersebut, teknik ini lazimnya yang kita namakan Teknik
SEO (Search Engine Optimization)

Teknik
SEO ini wajib anda lakukan untuk meng-optimalkan website atau toko online (website yang berisikan barang dagangan yang anda jual, misal : baju, makanan, pernak pernik, dsb) agar mampu bertengger di posisi halaman pertama mesin pencari. Dengan posisi website anda di pertama, maka jumlah calon pembeli yang akan mengunjungi website anda akan meningkat. Transaksi penjualan pun akan naik, anda akan lebih mudah mendapat keuntungan dari hasil transaksi dan penjualan website/toko online anda.

Jika anda tidak atau belum mampu menjalankan Teknik
SEO ini untuk website anda, anda tidak usah berkecil hati. Sudah banyak jasa yang menawarkan untuk ini. Jika anda cari di google, dengan keyword JASA SEO, maka tampil bermacam situs yang menyediakan jasa untuk membantu situs anda naik peringkat dan posisi.

Namun sebagai tips untuk mencari Layanan Penyedia Jasa SEO, maka saya berikan tipsnya, dan terbukti manjur serta dapat dipertanggung jawabkan, yakni diantaranya :

1. Pilihlah Jasa Penyedia
SEO dengan harga yang MURAH. Mengapa? Dengan harga yang murah, maka anda akan mengurangi biaya pengeluaran anda dalam bisnis ini.

2. Setelah murah, lihat hasil kerja yang sudah pernah atau sedang dijalani Jasa Penyedia
SEO itu, apakah ada dan benar, silakan anda cek posisi web yang sudah dikerjakan di mesin pencari yang ditargetkan, Google misalnya.

3. Garansi. Sebuah web penyedia
SEO harus berani memberi garansi akan web yang sudah dikerjakannya. Menagapa? Anda tentunya tidak ingin web yang sudah anda serahkan ke penyedia SEO nantinya akan kembali hilang dari posisi halaman pertama misalnya setelah anda keluarkan sejumlah uang untuk menyewa jasa tersebut.

4. Hati hati akan garansi yang muluk muluk. Misalnya anda dijanjikan bahwa web/toko online anda akan bertengger diposisi 1-5 besar Google. Mengapa? Menurut pengalaman saya, Google memiliki algoritma perankingan situs terhadap kata kunci tertentu yang selalu berubah ubah. Artinya, jika di penyedia
SEO melakukan teknik SEO yang salah, maka akan besar kemungkinan website anda turun posisi atau hilang dari pencarian (Banned).

5. Pastikan bahwa penyedia
SEO tidak menggunakan SOFTWARE dalam pengerjaan SEO nya terhadap website anda. Mengapa? Software dapat melakukan dan menaikkan posisi website anda dengan secepat kilat, namun banyak kerugian yang anda dapat sebagai pemilik web dengan teknik ini. Diantaranya, Banned, Pagerank (popularitas) web anda di Google tidak akan naik naik, dsb. Karena teknik menggunakan software ini sangatlah bertentangan dan sangat DILARANG oleh Google, dan Google menamakan teknik ini dengan teknik BLACK HAT SEO. Jika ketahuan, tidak segan segan website anda di CORET dari perangkingan.

6. Terakhir, pastikan bahwa teknik yang digunakan adalah MANUAL tidak menggunakan software seperti yang saya sebutkan diatas. Menagapa?? Teknik Manual ini adalah dikerjakan secara Manual dan Natural. Tahapan tahapan kerja yang dilakukan sesuai yang disarankan oleh Google, sehingga website anda akan terhindar dari hal hal buruk diatas. Kemudian, teknik manual ini akan selalu mempertahankan website anda dipencarian walaupun anda sudah tidak menggunakan jasa penyedia
SEO tersebut dalam waktu yang lama.

Dengan demikian bisa saya ambil sebuah kesimpulan bahwa :


Lebarkan sayap bisnis anda dengan menggunakan jasa internet dalam pemasarannya (Bisnis via Online), dan optimalkan rangking website anda di halaman pertama mesin pencari terkenal seperti Google agar pengunjung dan transaksi penjualan anda meningkat dengan memanfaatkan JASA SEO yang anda percaya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...