4.15.2012

10 Cara Mengurangi Sifat Generasi Alay di Indonesia .

Mungkin agan-agan ada yang menderita penyakit alay dan ingin sembuh atau mungkin adik atau tetangga atau sodaranya agan-agan ada yang terkena virus alay nih saya kasih tipsnya biar bisa kembali ke jalan yang benar.
1. Pelajari Kosakata bahasa indonesia dengan benar
Banyak alay yang sering menyalahkan bahasa indonesia dengan merubah kata-katanya jadi terlalu singkat atau kombinasi huruf besar & kecil yg gak beraturan. Lebih parah lagi ada yang banyak menggunakan simbol-simbol yang susah banget dimengerti. En sering banget juga itu gak hanya terjadi di sms tapi di ucapan pergaulan sehari-hari , Contoh : LaGy ApHa CiaYankKK, Aqyuu CiaAnK KMoee


2. Cari tempat nongkrong yg permanen
Kalo dari lirik lagu alay kan “...anak layangan.. nongkrong pinggir jalan...” beberapa alay masih suka nongkrong di pinggir jalan memanfaatkan trotoar dan lampu penerangan jalan sebagai tempat nongkrong. Cari tempat nongkrong yang lebih baik, seperi diskotik atau cafe. Karena pinggir jalan tidak baik untuk nongkrong coz bisa bikin masuk angin.


3. Hindari musik yg bikin galau
Kata-kata ‘galau’ salah satunya karena sering dengerin musik yang kelewat melow, kadang penampilan ala harajuku, punk, emo, rockstar tapi playlist di Hp nya isinya smash & viera semua. Lagu bukan untuk membuat hati kita semakin tidak menentu, kalo pengen tetep galau mending nonton sinetron aja malah sekalian bisa bikin nangis dari pada lagu cuma bikin sedih..


4. Biasakan diri dengan kamera
Jaman sekarang kamera ada dimana-mana. di HP, BB, webcam pokoknya dimana aja. Banyak alay yang masih belum terbiasa dengan tekhnologi ini jadi sering-sering ambil gambar, makanya timbul istilah “Narsis” yang disebabkan terlalu percaya diri coz keseringan ambil foto dengan berbagai gaya monyong, peace... atau apalah itu namanya untuk bikin kesan unyu, imut, keren, gaul dan ujung-ujungnya tuh foto berakhir di foto profil


5. Kurangi aktifitas di jejaring sosial
Jejaring sosial kyk FB,tweet, BBM, dll emang ada manfaat positip & negatip nya juga, tapi kalo terlalu sering diliatin tiap hari juga gk baik. Apalagi kalo tiap menit update status :”lagi makan nihh...” 5 menit kemudian “makan udah selesai nich..” 2 menit kemudian “makan lagi nich, maseh lapet geto...”


6. Perbaiki penampilan
Sebagian besar remaja sekarang banyak yang niru penampilan ala artis korea/jepang/indonesia sendiri.Tapi yg perlu diingat niru boleh tapi dipertambangkan juga lah sama hal mendasar kayak warna kulit, wajah, model rambut jadi kesannya gk asal timpuk mode biar ngikutin arus. Kalo maksa banget orang lain mungkin memang bakalan noleh tapi noleh dalam artian koq aneh gitu ya.. coba deh –cari-cari dulu referensi mana model cocok mana yg enggak, wajah putih atau item mah gak masalah. Banyak koq artis cantik yg punya wajah item manis..


7. Pacaran yg sewajarnya
Miris tiap nonton file 3gp pemain utamanya sebagian besar masih anak-anak remaja. Sampe pernah denger dari temennya adek katanya kalo anak SMA belum pernah gituan dianggap gak gaul. Aduh, keperawanan mah bukan trofi buat hebat-hebatan, ciuman juga bukan untuk sekedar pembuktian. Cinta jangan semakin di salah artikan, dulu mungkin waktu jaman ane ada yang namanya cinta monyet tapi koq sekarang jadi lebih mirip cinta simpanse ya


8. Dengarkan nasehat orang tua
Ane juga pernah muda lho, waktu itu rasanya kalo dengerin nasehat ortu koq nyebelin banget ya. Tapi sebenernya nasehat ortu ada benernya lho, sama kayak cowok/cewek agan ngasih masukan itu semua dilakukan karena dasar sayang ma agan-agan kan biar bisa jadi lebih baik lagi. Mumpung masih ada orangtua yang bisa ngasih masukan buat agan2, karena besok agan juga pasti jadi orang tua yg bakalan ngasih tau ke anaknya (siapa tau kalo hamil duluan kan lebih cepet juga jadi ortu)


9. Harus lebih giat belajar
Kemungkinan besar remaja yang terkena virus alay masih sekolah di SMP / SMA ya, tuh sekolah yang paling gak terasa lho gan, kemaren ujian tau2 besok UAN . Apalagi kayaknya tiap taun standar nilainya makin tinggi aja ya, gaul boleh eksis boleh tapi jangan lupa belajarnya ya. Biar besok bisa masuk universitas yang bagus terus berlanjut kan eksisnya syukur-syukur lagi bisa lulus sekolah. Kan ortu bangga, pacar bangga wah pokoknya gak ngecewain deh


10. Jangan lupa berdoa ya
Apapun agama & kepercayaan agan-agan pasti tiap agama juga punya tujuan yang baik kan , menghindari hal-hal buruk & melakukan hal baik. Banyak orang yang terjerumus di kejahatan karena pilar pondasi agamanya kurang kuat, mulai perkuat imannya dan perbanyak berdoa minta petunjuk sama yang diatas.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...