7.17.2012

Cara Cepat Memangkas Lemak di Perut.

img
Lingkar pinggang besar tak hanya mengganggu penampilan, tapi juga kesehatan Anda. Dikutip dari Livestrong, wanita dengan lingkar pinggang 35 inci atau lebih dan pria dengan ukuran pinggang 40 inci atau lebih rentan terkena gangguan kesehatan serius.

Pinggang yang lebar atau besar, biasanya merupakan indikasi kalau Anda memiliki lemak berlebih di perut. Kondisi ini biasa disebut visceral fat, atau lemak di dalam jaringan tubuh. Tipe lemak ini termasuk berbahaya karena menyelimuti organ dalam tubuh dan menyebabkan peradangan. Lemak jenis ini berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, demensia, diabetes tipe 2 dan stroke.

Perlu diketahui, kelebihan lemak di perut tidak hanya dialami orang obesitas atau yang memiliki berat badan berlebih. Orang dengan berat badan normal pun bisa menyimpan tumpukan lemak di bagian perut. Jika tubuh Anda kurus namun memiliki perut yang buncit, maka patut waspada karena kemungkinan ada lemak yang berbahaya bagi tubuh. Cara mengatasi lemak perut, bisa diawali dengan mengikuti tips berikut ini. Jika diikuti secara rutin dan disiplin, lingkar pinggang bisa lebih kecil hanya dalam dua bulan. Selamat mencoba!

Olahraga
Lemak yang paling pertama dikeluarkan dari tubuh saat pertama kali berolahraga adalah lemak di perut. Jadi pastikan Anda rutin olahraga dengan intensitas yang tepat. Menambah aktivitas fisik dalam keseharian, meskipun hanya sedikit bisa membantu Anda mengurangi lingkar pinggang.

Olahraga dengan gerakan cepat selama 45 sampai 60 menit sudah cukup untuk mengeluarkan keringat dan meningkatkan detak jantung. Dan jika dilakukan secara rutin dalam seminggu akan menambah keuntungan dari proses pengurangan lemak perut.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam 'Journal of Applied Physiology' menemukan bahwa gerakan olahraga yang intens (setara dengan jogging sejauh 20 mil per minggu) efektif mengurangi lemak di perut. Selain jogging, bisa juga dengan aerobik, kickboxing atau kegiatan lain yang meningkatkan detak jantung.

Jauhi Makanan Olahan
Batasi konsumsi makanan olahan, dan lemak di perut Anda akan berkurang dalam satu bulan. Lemak trans yang berasal dari gorengan, nasi putih, tepung terigu, minuman dengan pemanis fruktosa dan camilan yang digoreng bisa mengakibatkan penumpukan lemak di perut.

Saran dari Harvard Health Publications, Anda harus segera menyingkirkan makanan-makanan tersebut dari daftar menu harian. Untuk mengecilkan lingkar pinggang hanya dalam dua bulan, Anda juga harus memperhatikan porsi makanan dan asupan kalori. Makanlah 500 kalori lebih sedikit dari kebutuhan kalori harian (normalnya, pria/wanita membutuhkan sekitar 2000 kalori per hari). Mengeluarkan lebih banyak kalori dari yang Anda makan, bisa membantu Anda menurunkan berat sekitar 0,45 kg seminggu. Hasilnya, lingkar pinggang pun mengecil.

Penting Diperhatikan
Penurunan berat badan yang sehat adalah 0,45 kg sampai 1 kg seminggu. Berarti dalam delapan minggu, Anda bisa mengurangi berat badan sekitar 7 kg jika rutin mengikuti tips di atas. Namun jangan mengharapkan hasil yang terlalu instan karena bisa memicu Anda untuk melakukan diet tak sehat dan olahraga yang melebihi batas kemampuan.

Ketika berat badan sudah ideal dan rasio lingkar pinggang pun menjadi normal, sebaiknya jangan hentikan program olahraga dan diet yang sudah Anda jalani. Untuk mempertahankannya, Anda tetap harus menghindari makanan yang sudah diproses dan berolahraga secara rutin. Bagaimanapun juga, usaha yang dilakukan secara konstan dan terus menerus, akan selamanya menelurkan hasil yang permanen.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...