8.12.2012

Makanan Yang Boleh Dan Yang Tidak Boleh Disantap Saat Sahur

Tinggal beberapa hari lagi puasa berakhir..
Tahukah kita makanan apa saja yang sebenarnya tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur?
Lalu apa juga makanan yang disarankan saat santap sahur?
Langsung deh agan cek ndiri ;)


1. Hindari jenis makanan yang sulit dicerna seperti cokelat, keju, atau kue-kue yang mengandung banyak kalori. Mengonsumsi makanan yang sulit dicerna akan memengaruhi kerja lambung.
2. Jangan mengonsumsi minuman yang merangsang keluarnya asam lambung. Minuman seperti alkohol, minuman soda, atau sari buah sitrus seperti jeruk, akan memicu naiknya asam lambung yang menyebabkan rasa perih pada lambung.
3. Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, makanan dengan tambahan cuka, atau makanan dengan merica atau bumbu yang tajam. Alasannya, makanan tersebut secara langsung dapat merusak dinding lambung. ups...[size=78%] :-[ [/size] ane suka banget sambel gan...[/font]
4. Hindari juga makanan yang menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan. Antara lain seperti alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan makanan yang mengandung banyak minyak.
5. Saat sahur, Anda juga disarankan untuk tidak mengunyah permen karet. Selain menyebabkan kembung, mengunyah permen karet juga bisa memicu keluarnya asam lambung lebih tinggi. Selain permen karet,merokok juga bisa menyebabkan gejala yang serupa. Untuk itu, hindarilah jenis-jenis makanan tersebut jika Anda ingin puasa Anda tetap lancar tanpa gangguan kesehatan.

Nah berikut ini ada beberapa menu santap sahur yang ideal mau tahu apa aja itu simak berikut ini.
1. Sayuran hijau
Bayam, asparagus dan brokoli memiliki efek panas tinggi pada tubuh dan memiliki kepadatan kalori yang rendah. Ini berarti tidak mungkin disimpan sebagai cadangan lemak karena sebagian besar kalori yang dibakar masuk dalam proses pencernaan.Serat pada sayuran ini juga mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama.
2. Ikan
Ikan berlemak sehat seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden mengandung asam Omega 3 tiga yang sangat tinggi. Bukan hanya mengenyangkan perut tetapi juga menurunkan tingkat kolesterol dalam darah serta melancarkan proses metabolisme.
Asam Omega-3 mengubah tingkat leptin

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...