8.15.2012

Pengobatan tradisional AMBEIEN

Ambeien atau wasir dalam istilah kedokteran disebut hemorhoids. Gangguan ini terjadi karena pembuluh-pembuluh darah di daerah anus melebar akibat aliran darah ke jantung terhambat. Pembuluh yang melebar tersebut akan ditutupi selaput lendir,kulit,jaringan ikat atau otot-otot polos yang lama kelamaan membengkas ke hingga membentuk tonjolan. Secara anatomi sebenarnya ambeien bukanlah suatu penyakit melainkan perubahan pada bantalan pembuluh darah di daerah dubur.Di mana pada bagian dubur terdapa tiga pembuluh darah atau arteri. Jika salah satunya terganggu atau terdapat bendungan aliran darah maka pembuluh tersebut akan melebar atau membengkak. Hal ini yang disebut ambeien.

Beberapa hal yang memicu terjadinya ambeien yaitu :

- faktor usia
-      kehamilan
- kram saat menejan
- berada dalam posisi duduk atau berdiri terlalu lama
- sering mengangkat beban yang berat
- sembelit kronis
- usus besar yang tidak berfungsi dengan baik karena penggunaan pencahar berlebih
- diare kronis yang sering buang air besar
- sering makan makanan yang mengandung banyak cabe dan rempah-rempah yang memicu melebarnya pembuluh
- darah
Jika ada yang mengatakan ambeien adalah keturunan maka hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena hanya 10-15% saja dari kasus yang ada. Gejala dari penyakit ambeien bermacam-macam tergantung dari tingkat keparahannya. Namun pada awalnya adalah keluhan-keluhan saat buang air besar seperti rasa panas, gatal, dan pedih juga nyeri di daerah sekitar anus. Gejala lain adanya benjolan lunak di dubur dan jumlahnya bisa lebih dari satu dan setelah buang air besar terdapat tetesan darah segar di daerah dubur. Ada 2 macam penyakit wasir, yaitu wasir luar dan wasir dalam. Pada wasir dalam, pembuluh darah ditutupi oleh selaput lendir yang basah di dalam anus. Pada taraf awal memang wasir tidak terlihat dari luar, namun jika sudah membesar akan menonjol keluar.

Gejala awal wasir dalam adalah keluarnya darah saat buang air besar. Pada wasir dalam ini ada beberapa stadium yaitu :


a. Stadium 1 : tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya darah menetes setiap selesai buang air besar.
b. Stadium 2 : tonjolan sudah keluar dengan ukuran sedang. Dengan gejala jika selesai buang air besar, tonjolan keluar namun akan masuk kembali saat penderita berdiri.
c. Stadium 3 : ukuran tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya selesai buang air besar tonjolan keluar dan tidak akan masuk lagi kecuali didorong dengan tangan.
d.      
Stadium 4 : tonjolan sudah sebesar bola tenis. Tonjolan ini tidak dapat masuk kembali meski sudah didorong dan harus dioperasi. Pada wasir luar, kulit sudah menutupi pembuluh darah dan berada di luar anus hingga gampang terlihat. Gejala umum wasir luar adalah rasa sakit atau nyeri dikarenakan pembuluh darah yang pecah. Darah yang pecah tidak keluar namun berkumpul menjadi trombus (darah beku).


CARA PENGOBATAN AMBEIEN :

1.
BAWANG PUTIH
Tumbuk halus bawang putih secukupnya lalu peras dan ambil airnya. Oleskan air perasan bawang putih di sekitar dubur setiap hari.

2.
DAUN SALAK
Rebus 3 lembar daun salak dalam 1 gelas air. Saring lalu tambahkan gula merah secukupnya. Minum 2 kali sehari secara
rutin. Pengobatan ini untuk ambeien yang belum parah dan biasanya penyakit akan sembuh dalam 15 hari.

3.
DAUN WUNGU DAN BAHAN LAIN
Cuci bersih 7 lembar daun ungu dan adas pulosari. Rebus dalam 3 gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisa 1 gelas.
Saring dan minum setiap pagi secara teratur.

CATATAN :
Daun wungu atau sering disebutjuga daun ungu (Graptophyllum pictum L.) sudah banyak dikenal sebagai obat ambeien. Daun ini mengandung senyawa flavonoid yang bersifat antinflamasi sehingga mampu mengurangi peradangan, nyeri dan pendarahan pada anus.

4.
JAMBU BIJI
Cuci bersih beberapa lembar pucuk daun jambu batu muda dan 1 buah pisang batu yang tidak dikupas. Haluskan dan peras hingga mengeluarkan air. Minum air perasan tersebut setiap hari secara rutin sampai penyakit ambeien sembuh.

5.
JAMUR KUPING
Rebus 15 gr jamur kuping tambahkan gula secukupnya. Hasil rebusan ini dimakan selama beberapa hari.

6.
KECUBUNG
Rebus bagian batang atau daun kecubung yang telah dibersihkan. Gunakan ramuan untuk mencuci anus secara rutin.

7.
LIDAH BUAYA
Ambil daging buah dari 1/2 daun lidah buaya yang sudah dibersihkan dan dibuang durinya. Parut lalu tambahkan dengan
1/2 cangkir air masak dan 2 sdm madu. Aduk lalu saring. Minum ramuan 3 kali sehari sampai sembuh. Untuk membantu proses pengobatan,oleskan lidah buaya yang sudah dijus dan dicampur norit serta bubuk gambir secukupnya pada daerah anus yang menderita ambeien.

8.
PARE
Cuci bersih akar, buah dan biji pare secukupnya lalu tumbuk halus hingga mendapat 1/2 mangkuk air perasan. Campurkan 2 sdm minyak kelapa. Berendamlah dengan air panas pada bagian anus Anda, lalu tempelkan ramuan dengan menggunakan kapas pada anus.

9.
PEGAGAN
Bersihkan dan potong-potong 5 tanaman pegagan berikut akarnya. Tambahkan 1 cangkir air panas dan didihkan sekitar 5 menit. Biarkan dingin lalu minum sedikit demi sedikit 1 cangkir sehari.

10.
PISANG KLUTHUK
Parut 1 buah pisang kluthuk atau pisang batu mentah. Peras dan ambil airnya. Campur air perasan pisang dengan adas pulosari secukupnya dan 1 potong gula aren. Aduk, saring kembali. Lalu minum sekaligus.

11.
SARANG SEMUT
Tumbuhan sarang semut (Myrmecodia pendans) mengandung flavonoid dan tanin yang tinggi dan terbukti mampu mengobati ambeien. Jika tidak bisa mendapatkan bahan dari tanaman sarang semut secara alami, Anda bisa membeli kapsulnya yang sudah jadi dan banyak dijual di pasaran. Minumlah kapsul sarang semut sesuai anjuran pada kemasan secara rutin sampai ambeien sembuh.

     12.
TAPE SINGKONG.
Makanlah  tape  singkong  yang   benar-benar  masak  (sangat lembek)  secara  rutin  3  kali  sehari. Lakukan kebiasaan ini walaupun gejala ambeien sudah menghilang. Beberapa literatur menyebutkan bahwa tape dari bahan lain seperti tape ketan putih atau tape ketan hitam juga  bisa mengobati ambeien,bahkan ambeien yang sudah parah sekalipun. Konon ragi yang terkandung pada tape bisa menyehatkan pencernaan dan saluran pembuangan.

13.
TERONGUNGU
rebus terong ungu, lidah buaya dan sambiloto hingga mendidih. Gunakan air rebusan ini untuk membasuh anus yang menderita ambeien.

14.
MENGIKAT GUMPALAN DAGING
Alternatif pengobatan lain jika ambeien sudah keluar adalah dengan mengikat erat gumpalan daging yang keluar
 menggunakan benang jahit nilon. Masukkan kembali daging tersebut ke dalam anus, tunggu 3 sampai 4 hari maka daging tersebut akan putus. Setelah daging lepas minumlah antibiotik untuk mencegah infeksi. Namun, hal ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang cukup mengerti tentang kesehatan. Jika Anda awam lebih baik tidak melakukannya Carilah tenaga medis atau berobat ke rumah sakit lebih dianjurkan untuk menangani penyakit Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...