8.04.2012

Sisi Lain Cewek Jogja, Unik dan Luar Biasa

Berbicara cewek jogja, pasti terbayang cewek yang anggun, ramah, berbudaya, sopan, dan tetap mempertahankan tradisi dari nenek moyang / budaya kraton yang sangat kental. Ya, begitulah cewek Jogja, yang sangat unik dan luar biasa. Mengapa saya mengangkat artikel tentang cewek jogja yang luar biasa ini? karena ingin membersihkan citra search engine, di mana setiap KW cewek jogja akan muncul konten konten yang negatif, oleh karena itu campaign Komunitas Blogger Jogja untuk membersihkan Keyword tentang kenegatifan yang muncul dari keyword cewek jogja secara serempak di galakkan.
Oke langsung saja akan saya bahas mengapa cewek jogja ini saya katakan unik dan luar biasa? mungkin ini adalah opini saya secara pribadi, namun tak menutup kemungkinan akan menjadi opini publik juga yang telah mengakui fakta bahwa cewek jogja itu unik dan luar biasa. Alasan saya mengatakan demikian karena beberapa faktor dan hal sebagai berikut :

Cewek Jogja, Unik dan Luar Biasa

1. Unik, mengapa? karena Cewek jogja mempunyai keunikan tersendiri dari cara mereka melestarikan budayanya, salah satunya adalah budaya memakai kain batik dan kebaya / pakaian adat Yogyakarta. Di tengah hingar bingar pakaian modern ala korea ( K Pop ) dan juga pakaian yang kebarat baratan, namun Cewek jogja masih tetap mau memakai dan melestarikan pakaian adatnya sendiri. katakanlah kain batik dan kebaya Jogja.Bahkan tak sedikit pula para cewek jogja yang antusias mengikuti berbagai festival batik untuk melestarikan keunikan tersebut. Di mata saya Cewek Jogja yang mengenakan kain batik dan kebaya akan sangat terlihat anggun, eksklusif, dan unik. Bolehlah korean fashion merambah di Jogja, namun keunikan cewek jogja tampil anggun dengan pakaian khasnya tak akan di temui di manapun, selain di jogja itu sendiri. Keunikan itu terlihat dari ketahanan tradisi dari abad ke abad yang tak pernah terpengaruh dengan budaya modernisasi yang sekarang mulai tergerus oleh budaya barat. berikut adalah Contoh penampilan cewek jogja di era modern sekarang ini yang masih anggun dengan pakaian khasnya .

Kita bandingkan dengan cewek atau wanita jogja di abad ke 19, tak ada perubahan dari segi pakaian, itu menandakan bahwa cewek jogja masih kukuh mempertahankan tradisi yang memang menjadi ciri khas jogja yang sangat unik .

Bahkan cewek jogja yang sudah lanjut usia pun masih saja menampilkan keunikan tersendiri yang khas dari jogjakarta, yaitu pakaian kemben ala jogja yang sudah turun temurun di pakai dalam acara tertentu, ini menandakan bahwa budaya cewek jogja dalam berpakaian masih tetap di pertahankan sampai kapanpun,tak pernah terpengaruh oleh perputaran budaya fashion yang setiap tahun berganti ganti, itulah cewek jogja, cewek unik yang sangat berpendirian.


Cukup unik bukan? itulah mengapa saya katakan cewek jogja itu unik, dan tentunya luar biasa pula.
2. Cewek Jogja adalah cewek atau wanita atau gadis yang sopan , mengapa? karena di tengah budaya alay yang merebak di kalangan remaja saat ini, di lihat dari cara mereka berbahasa menurut saya sudah tidaklah mengedepankan aspek kesopanan. Bebicara dengan orang yang lebih tua pun untuk para remaja alay sudah tak mengenal batas, seakan kebebasan berbicara sudah sangat melekat pada pergaulan sekarang ini. tak ada batas yang jelas, omongan ” loe ” ” gue ” seakan sudah berlaku untuk semua kalangan, bahkan anak muda pun masih saja menggunakan bahasa itu untuk berbicara ke orang tua. Namun berbeda dengan budaya yang di kedepankan oleh cewek jogja, di mana masih ada batas yang jelas , bahkan untuk urusan berkomunikasi dengan orang yang lebih tua ataupun yang lebih muda. Dalam kebudayaan Jogja di kenal dengan bahasa kromo alus, kromo inggil, dan bahasa ngoko. ngoko pun ada ngoko alus ada ngoko kasar, tergantung dengan siapa ia berbicara, maka batasan bahasanyapun jelas dan sangat kontras. sehingga esensi kesopanan cewek jogja jelas terlihat dari cara mereka berbicara dengan seseorang. Seseorang itupun kembali tersaring , mana bahsa yang harus digunakan untuk seseorang dalam bermonunikasi pun juga akan tersaring juga. itulah mengapa saya katakan cewek jogja itu luar biasa.


3. Cewek Jogja adalah cewek yang mengedepankan kesopanan. Di tengah hingar bingar budaya bebas yang mengadopsi budaya barat yang terkenal free dan amburadul, Cewek jogja masih mempunyai satu sisi citra yang sangat istimewa, yaitu sisi kesopanan yang di tunjukkan oleh cewek jogja. Tidak hanya kesopanan dalam bertindak, berbicara, dan bergaul , namun ajaran turun temurun baik itu bercermin pada ajaran kraton maupun ajaran tradisi, cewek jogja sangatlah sopan dan istimewa. Ini ditunjukkan salah satunya adalah budaya sungkem ala kraton yang mencerminkan bahwa kalangan muda harus menghormati kalangan tua, khususnya untuk anak dan ibu. Rupanya budaya sungkem itu telah merasuk ke jiwa Cewek Jogja yang selalu sungkem kepada kedua orang tua, tradisi itupun terlihat jelas saat prosesi pernikahan maupun adat idul fitri.


4. Cewek jogja terkenal ramah dan murah senyum. Ya seperti itulah, saya sendiri yang sudah lama mengenal cewek jogja, mereka selalu ramah, dan murah senyum. Aura javanese yang begitu kental di wajah para cewek Jogja, akan sangat memikat dan menawan tatkala mereka senyum, memberikan salam sapa dan keramahan, seramah koya Yogyakarta yang akan tetap istimewa sampai kapanpun.

 Cewek Jogja, Unik dan Luar Biasa

Artikel Cewek Jogja, unik dan luar biasa ini adalah wujud dari kepedulian KBJ ( KOMUNITAS BLOGGER JOGJA ) untuk membersihkan image keyword cewek Jogja yang di search engine menampilkan konten konten yang negatif. Melalui kepedulian ini dalam misi KBJ Peduli Konten Positif, semoga citra Yogyakarta dan juga Cewek Yogyakarta di mata search engine akan menampilkan hal hal yang positif. Saya sebagai anggota KBJ pun turut serta dan turut prihatin dengan keyword negatif yang sangat merebak.semoga misi positif ini akan sangat bermanfaat untuk Yogyakarta khususnya di mata dunia internet

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...